Pengalaman Mengikuti Seleksi High Quality Talent Lecturer UNPAD

by - January 10, 2022

 Halo pembaca setia Satsuma Career! 

Kalau nyasar ke artikel ini, bisa jadi kamu sedang Job Hunting kan ya? Atau mungkin penasaran dengan program High Quality Talent Lecturer-nya UNPAD itu sebenarnya program apa? Di sini saya akan share pengalaman mengikuti seleksi High Quality Talent (HQT) Lecturer di UNPAD tahun 2021. 

Info rekrutmen di unpad.ac.id

Saya mendapat informasi rekrutmen ini dari para dosen senior saya sewaktu kuliah di IPB. Mungkin karena beliau-beliau ini tahu saya baru lulus S3 dan baru pulang banget dari Jepang, pasti sedang bingung mencari kerja. Sewaktu lihat syaratnya yang lumayan banyak, alhamdulillah bisa memenuhi. 


MENGIRIM LAMARAN KERJA

Dalam informasi diatas disampaikan bahwa untuk melamar posisi HQT, pelamar diminta mengirimkan surat lamaran, daftar riwayat hidup, ijazah S3 (dan surat penyetaraan bagi lulusan luar negeri), scan KTP, dan dua surat rekomendasi. Berikut akan saya uraikan satu per satu garis besar isi dari dokumen yang saya kirim (selain scan KTP): 

Surat Lamaran

Untuk bisa menulis surat lamaran yang baik, saya perlu mengetahui apa tujuan dari rekrutmen program HQT. Saya kemudian mengumpulkan informasi dari beberapa situs internet dan mendapatkan informasi bahwa High Quality Talent Lecturer ini bertujuan untuk merekrut dosen bertalenta dan memiliki kualifikasi unggul yang kedepannya diharapkan mampu berkarya untuk meningkatkan peringkat UNPAD menuju peringkat 500 dunia [Sumber: Edukasi Kompas].

Dengan target demikian, maka saya menganalisa kira-kira saya punya kemampuan apa yang dapat berkontribusi pada pengembangan kualitas pendidikan dan penelitian UNPAD yang mampu meningkatkan rankingnya secara global. Kemampuan tersebut tentunya saya buktikan dengan hasil kerja atau karya yang pernah saya lakukan sebelumnya, yaitu kegiatan seminar dan publikasi internasional. 

Redaksinya kira-kira menjadi seperti berikut: 

Dear Sir/Madam,

 

I would like to apply for the position of ‘High Quality Talent Lecturer’ in Universitas Padjajaran, advertised on your website recently. 

 

I starting the research of rice root distribution to various environmental stress during my M.Si at Agricultural University. The research was a breakthrough for me to start my contribution in international symposium and peer-reviewed journal. Then, I was awarded a scholarship to pursue my Ph.D. at the Agricultural University. During my study in Japan, I focussed my research on rice environmental stress tolerant mechanism from the perspective of plant physiology, i.e. photosynthesis, non-structural carbohydrate, translocation of photosynthate using 13C isotope tracer and plant hormone. The research has been presented in the Crop Science Society and published in international peer-review journals. Besides studying, I was also a teaching assistant in my program study to guide undergraduate students conducting research.

 

The position of ‘High Quality Talent Lecturer’ in Universitas Padjajaran attracted me because of the offer of a special funding scheme and exceptional performance incentives for academic publications to the staff. This offer encourages me to design impactful research that can be published in reputable journals. I can work on multiple projects, including planning the research or lecture topics, organizing materials, writing and making presentations with my skills to meet the designated target.

 

I also speak English well and experience with the multicultural works atmosphere that will be an extra benefit to expand the university networking globally.

 

I hope you find out that my educational background, previous work experience and skills meet your requirements for this position. Thank you very much for your attention. I’m looking forward to hearing from you soon. 


Sincerely,


 

My Name, PhD.

Daftar Riwayat Hidup

Informasi yang saya cantumkan dalam daftar riwayat hidup hanyalah sebatas informasi pribadi (nama, alamat, no HP, dan email), dan informasi yang berkaitan dengan persyaratan yang diminta seperti background pendidikan, riwayat publikasi dan seminar, hasil tes kemampuan bahasa Inggris, dan riwayat organisasi. Panjangnya tidak lebih dari 3 lembar A4 (satu sisi). Panduan lebih lengkap dalam menulis Daftar Riwayat Hidup dapat merujuk pada artikel Step by Step Job Hunting di Indonesia.

Ijazah S3 dan Surat Penyetaraan

Cukup melampirkan scan Ijazah dan Transkrip S3 saja. Tambahan bagi lulusan Luar Negeri, perlu terlebih dahulu melakukan penyetaraan dan konversi nilai ijazah Luar Negeri di kemdikbud. 

Surat Rekomendasi

Rekomendasi memang sebaiknya diberikan oleh Pimpinan dari tempat bekerja sebelumnya. Tapi karena saya belum pernah bekerja secara formal, saya meminta Surat Rekomendasi dari pembimbing S2 dan S3 karena saya anggap paling mengetahui kinerja saya selama menjadi mahasiswa. 

Setelah semua dokumen lengkap, saya kirimkan dokumen ke email dir.sdm@unpad.ac.id dengan subject HQT Application. Karena ini adalah email resmi, gunakanlah alamat email yang formal dan jangan lupa tuliskan beberapa kalimat pada body email. 


HASIL SELEKSI ADMINISTRASI

Hasil seleksi administrasi diumumkan langsung melalui email kepada para pelamar yang dinyatakan lolos secara administrasi. Berikut adalah email pengumumannya: 

Dear Sir/ Madam

 

Thank you for applying for the Universitas Padjadjaran High-Quality Talent Program. We received applications from many qualified individuals for the position opening. 

 

After reviewing your application, we are pleased to announce that you have been selected to proceed to the next selection phase, namely:  

(1) Psychological test (4th week of June), and (2) interview and micro-teaching assessment (1st week of July). 


Detailed schedule will be e-mailed to you shortly. 

 

Congratulations! Thank you again for your interest in our university. 

 

 

Sincerely,



Director of Human Resources
Universitas Padjadjaran


TES PSIKOLOGI

Tes psikologi ini dibagi manjadi 3 bagian, yaitu: psikotes berbasis website secara langsung, group discussion dan wawancara personal oleh salah seorang psikolog dilaksanakan menggunakan zoom meeting.

Untuk psikotes berbasis website, peserta diminta untuk melakukan tes kompatibilitas pada PC yang akan digunakan maksimal sehari sebelum tes dilaksanakan. Pengelompokan peserta untuk Group Discussion juga diberitahukan beberapa hari sebelum pelaksanaan. Sedangkan untuk wawancara personal, peserta diminta untuk mengisi CV dan Behavioral Event Questionnaire (BEQ) yang diberikan oleh panitia beberapa hari sebelum pelaksanaan tes. 

Tes sendiri berlangsung dari pukul 07.00-17.00. Psikotes berbasis web berlangung dari pukul 07.00 sd 11.00 yang dibagi menjadi 2 termin dengan waktu istirahat sekitar 10 menit diantara 2 termin tersebut. Selanjutnya Group Discussion dilaksanakan pukul 13.00-14.00 dilanjutkan wawancara personal sesuai jadwal masing-masing dengan durasi wawancara sekitar 1 jam untuk setiap peserta.

Tes ini cukup menguras energi, sehingga pastikan teman-teman tidur yang cukup pada malam sebelum pelaksanaan dan jangan lupa sarapan pagi sebelum mengikuti tes. 

Untuk mengetahui jenis-jenis psikotes yang sering digunakan dalam proses rekrutmen bisa merujuk pada artikel Jenis-jenis Psikotes dalam Rekrutmen Kerja


WAWANCARA & MICRO-TEACHING

Seleksi wawancara dan micro-teaching dilakukan oleh pimpinan fakultas di lingkungan UNPAD sesuai dengan bidang keahlian yang kita lamar. Tentu saja bidang yang saya tekuni masuk ke dalam ruang lingkup fakultas Pertanian UNPAD. Kedua tes ini dilaksanakan melalui zoom meeting.

Yth. Para Peserta Seleksi HQT, 

 

Menindaklanjuti informasi sebelumnya terkait dengan proses Micro-Teaching dan wawancara seleksi HQT Program yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Juli 2021, bersama ini kami sampaikan (1) Panduan Peserta dan (2) jadwal wawancara (terlampir). Mohon kiranya bisa mempersiapkan dengan saksama agar pelaksanaan Micro-Teaching dan wawancara bisa berlangsung dengan baik.

 

Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. 

 

 

Salam hormat,


 
Director of Human Resources
Universitas Padjadjaran

Persiapan

Dalam panduan peserta disampaikan bahwa para peserta wajib mempersiapkan materi ajar untuk presentasi selama 15 menit yang boleh disampaikan dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Jadi, saya membuat power point (sekitar 10 halaman) dan berlatih presentasi berkali-kali dalam bahasa Inggris sampai benar-benar lancar. Sedikit tips dari saya, gunakan template power point resmi UNPAD atau minimal cantumkan logo UNPAD di halaman judul power point. Lalu, pastikan kita benar-benar tahu materi yang kita ajarkan itu masuk dalam mata kuliah apa di program studi apa. 

Contoh halaman judul ppt micro-teaching saya

Sedangkan untuk wawancara, saya mempersiapkan beberapa daftar pertanyaan yang mungkin keluar pada saat wawancara seperti: motivasi melamar HQT, kenapa melamar di UNPAD, riwayat organisasi, riwayat mengajar (dalam hal ini, pengalaman saya sebagai asisten dosen), beberapa pertanyaan problem solving dan komitmen, visi misi UNPAD dan Faperta UNPAD. Semua daftar pertanyaan ini saya tulis dalam flip card yang saya baca dengan suara keras secara berulang-ulang sampai saya hafal dan bisa mengucapkannya secara natural.

Flip card daftar pertanyaan wawancara saya

Pelaksanaan

Peserta wajib memasuki zoom meeting 15 menit sebelum jadwal ujian. Nanti secara bergiliran akan dimasukkan ke break out room bersama para wakil pimpinan fakultas masing-masing. 

Setelah acara dibuka, saya dipersilakan untuk melakukan presentasi terlebih dahulu. Jika waktu presentasi tidak cukup, skip bagian penjelasan dan langsung tunjukkan bagian kesimpulan, tugas, dll. Karena tujuan presentasi tidak hanya tentang penguasaan materi dan penguasaan kelas, tetapi juga kemampuan mempersiapkan bahan ajar yang baik. 

Selanjutnya, setiap penguji mengajukan pertanyaan masing-masing kepada saya. Terdapat 3 penguji di dalam ruang, dan rasanya 1 penguji melakukan tanya jawab dengan saya  sekitar 15 menit. Alhamdulillah, semua pertanyaan yang keluar tidak jauh dari materi wawancara yang sudah saya persiapkan.

Jika proses wawancara ini sudah selesai, peserta dapat langsung meninggalkan zoom meeting. 


HASIL  TES PSIKOLOGI, WAWANCARA & MICRO-TEACHING

Hasil seleksi administrasi diumumkan langsung melalui email kepada para pelamar yang dinyatakan lolos secara administrasi. Berikut adalah email pengumumannya:  

Kepada Yth:

Nama Saya

di Tempat


Menindaklanjuti hasil Tes Psikologi, Micro-Teaching dan Wawancara bagi para pelamar High Quality Talent Universitas Padjadjaran, bersama ini kami sampaikan bahwa Saudara dinyatakan TIDAK LOLOS ke tahap Wawancara Akhir.

Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas minat Saudara untuk bergabung dengan Universitas Padjadjaran dan kerjasamanya yang baik selama proses seleksi program HQT ini. Semoga kita bisa bekerjasama pada kesempatan lain di masa yang akan datang.

Atas perhatian dan kerjasamanya yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Direktur Sumber Daya Manusia,


Nama Direktur 

Karena saya tidak lolos, jadi saya tidak melanjutkan ke tahap wawancara akhir yaitu wawancara tingkat pimpinan UNPAD. Well, I did my best. Otsukaresamadeshita! Bye bye UNPAD!! Semoga diberikan kesempatan lain untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas UNPAD menuju peringkat 500 dunia. 

Jadi, cerita saya tentang pengalaman mengikuti seleksi HQT di UNPAD cukup sampai di sini saja. Semoga bisa memberikan gambaran bagi teman-teman yang akan mencoba peruntungan di HQT UNPAD tahun berikutnya. Informasi lebih lengkap tentang persiapan Job Hunting dapat mengunjungi artikel Step by Step Job Hunting di Indonesia dan Jenis-jenis Psikotes dalam Rekrutmen Kerja


Nb: Proses rekrutmen tahun 2021 ini bertepatan dengan lonjakan infeksi Covid-19 strain Delta, sehingga semua proses dilaksanakan secara online melalui zoom meeting.

You May Also Like

0 comments