• Home
  • About
    • My Profile
    • Disclaimer
    • Privacy Policy
  • Categories
    • Job Hunting
    • Scholarship Hunter
    • Scientific Writing
  • FAQ
  • Miscelaneos
facebook twitter instagram pinterest bloglovin Email

Satsuma Career

 Halo pembaca setia Satsuma Career! 

Kalau nyasar ke artikel ini, bisa jadi kamu sedang Job Hunting kan ya? Atau mungkin penasaran dengan program High Quality Talent Lecturer-nya UNPAD itu sebenarnya program apa? Di sini saya akan share pengalaman mengikuti seleksi High Quality Talent (HQT) Lecturer di UNPAD tahun 2021. 

Info rekrutmen di unpad.ac.id

Saya mendapat informasi rekrutmen ini dari para dosen senior saya sewaktu kuliah di IPB. Mungkin karena beliau-beliau ini tahu saya baru lulus S3 dan baru pulang banget dari Jepang, pasti sedang bingung mencari kerja. Sewaktu lihat syaratnya yang lumayan banyak, alhamdulillah bisa memenuhi. 


MENGIRIM LAMARAN KERJA

Dalam informasi diatas disampaikan bahwa untuk melamar posisi HQT, pelamar diminta mengirimkan surat lamaran, daftar riwayat hidup, ijazah S3 (dan surat penyetaraan bagi lulusan luar negeri), scan KTP, dan dua surat rekomendasi. Berikut akan saya uraikan satu per satu garis besar isi dari dokumen yang saya kirim (selain scan KTP): 

Surat Lamaran

Untuk bisa menulis surat lamaran yang baik, saya perlu mengetahui apa tujuan dari rekrutmen program HQT. Saya kemudian mengumpulkan informasi dari beberapa situs internet dan mendapatkan informasi bahwa High Quality Talent Lecturer ini bertujuan untuk merekrut dosen bertalenta dan memiliki kualifikasi unggul yang kedepannya diharapkan mampu berkarya untuk meningkatkan peringkat UNPAD menuju peringkat 500 dunia [Sumber: Edukasi Kompas].

Dengan target demikian, maka saya menganalisa kira-kira saya punya kemampuan apa yang dapat berkontribusi pada pengembangan kualitas pendidikan dan penelitian UNPAD yang mampu meningkatkan rankingnya secara global. Kemampuan tersebut tentunya saya buktikan dengan hasil kerja atau karya yang pernah saya lakukan sebelumnya, yaitu kegiatan seminar dan publikasi internasional. 

Redaksinya kira-kira menjadi seperti berikut: 

Dear Sir/Madam,

 

I would like to apply for the position of ‘High Quality Talent Lecturer’ in Universitas Padjajaran, advertised on your website recently. 

 

I starting the research of rice root distribution to various environmental stress during my M.Si at Agricultural University. The research was a breakthrough for me to start my contribution in international symposium and peer-reviewed journal. Then, I was awarded a scholarship to pursue my Ph.D. at the Agricultural University. During my study in Japan, I focussed my research on rice environmental stress tolerant mechanism from the perspective of plant physiology, i.e. photosynthesis, non-structural carbohydrate, translocation of photosynthate using 13C isotope tracer and plant hormone. The research has been presented in the Crop Science Society and published in international peer-review journals. Besides studying, I was also a teaching assistant in my program study to guide undergraduate students conducting research.

 

The position of ‘High Quality Talent Lecturer’ in Universitas Padjajaran attracted me because of the offer of a special funding scheme and exceptional performance incentives for academic publications to the staff. This offer encourages me to design impactful research that can be published in reputable journals. I can work on multiple projects, including planning the research or lecture topics, organizing materials, writing and making presentations with my skills to meet the designated target.

 

I also speak English well and experience with the multicultural works atmosphere that will be an extra benefit to expand the university networking globally.

 

I hope you find out that my educational background, previous work experience and skills meet your requirements for this position. Thank you very much for your attention. I’m looking forward to hearing from you soon. 


Sincerely,


 

My Name, PhD.

Daftar Riwayat Hidup

Informasi yang saya cantumkan dalam daftar riwayat hidup hanyalah sebatas informasi pribadi (nama, alamat, no HP, dan email), dan informasi yang berkaitan dengan persyaratan yang diminta seperti background pendidikan, riwayat publikasi dan seminar, hasil tes kemampuan bahasa Inggris, dan riwayat organisasi. Panjangnya tidak lebih dari 3 lembar A4 (satu sisi). Panduan lebih lengkap dalam menulis Daftar Riwayat Hidup dapat merujuk pada artikel Step by Step Job Hunting di Indonesia.

Ijazah S3 dan Surat Penyetaraan

Cukup melampirkan scan Ijazah dan Transkrip S3 saja. Tambahan bagi lulusan Luar Negeri, perlu terlebih dahulu melakukan penyetaraan dan konversi nilai ijazah Luar Negeri di kemdikbud. 

Surat Rekomendasi

Rekomendasi memang sebaiknya diberikan oleh Pimpinan dari tempat bekerja sebelumnya. Tapi karena saya belum pernah bekerja secara formal, saya meminta Surat Rekomendasi dari pembimbing S2 dan S3 karena saya anggap paling mengetahui kinerja saya selama menjadi mahasiswa. 

Setelah semua dokumen lengkap, saya kirimkan dokumen ke email dir.sdm@unpad.ac.id dengan subject HQT Application. Karena ini adalah email resmi, gunakanlah alamat email yang formal dan jangan lupa tuliskan beberapa kalimat pada body email. 


HASIL SELEKSI ADMINISTRASI

Hasil seleksi administrasi diumumkan langsung melalui email kepada para pelamar yang dinyatakan lolos secara administrasi. Berikut adalah email pengumumannya: 

Dear Sir/ Madam

 

Thank you for applying for the Universitas Padjadjaran High-Quality Talent Program. We received applications from many qualified individuals for the position opening. 

 

After reviewing your application, we are pleased to announce that you have been selected to proceed to the next selection phase, namely:  

(1) Psychological test (4th week of June), and (2) interview and micro-teaching assessment (1st week of July). 


Detailed schedule will be e-mailed to you shortly. 

 

Congratulations! Thank you again for your interest in our university. 

 

 

Sincerely,



Director of Human Resources
Universitas Padjadjaran


TES PSIKOLOGI

Tes psikologi ini dibagi manjadi 3 bagian, yaitu: psikotes berbasis website secara langsung, group discussion dan wawancara personal oleh salah seorang psikolog dilaksanakan menggunakan zoom meeting.

Untuk psikotes berbasis website, peserta diminta untuk melakukan tes kompatibilitas pada PC yang akan digunakan maksimal sehari sebelum tes dilaksanakan. Pengelompokan peserta untuk Group Discussion juga diberitahukan beberapa hari sebelum pelaksanaan. Sedangkan untuk wawancara personal, peserta diminta untuk mengisi CV dan Behavioral Event Questionnaire (BEQ) yang diberikan oleh panitia beberapa hari sebelum pelaksanaan tes. 

Tes sendiri berlangsung dari pukul 07.00-17.00. Psikotes berbasis web berlangung dari pukul 07.00 sd 11.00 yang dibagi menjadi 2 termin dengan waktu istirahat sekitar 10 menit diantara 2 termin tersebut. Selanjutnya Group Discussion dilaksanakan pukul 13.00-14.00 dilanjutkan wawancara personal sesuai jadwal masing-masing dengan durasi wawancara sekitar 1 jam untuk setiap peserta.

Tes ini cukup menguras energi, sehingga pastikan teman-teman tidur yang cukup pada malam sebelum pelaksanaan dan jangan lupa sarapan pagi sebelum mengikuti tes. 

Untuk mengetahui jenis-jenis psikotes yang sering digunakan dalam proses rekrutmen bisa merujuk pada artikel Jenis-jenis Psikotes dalam Rekrutmen Kerja. 


WAWANCARA & MICRO-TEACHING

Seleksi wawancara dan micro-teaching dilakukan oleh pimpinan fakultas di lingkungan UNPAD sesuai dengan bidang keahlian yang kita lamar. Tentu saja bidang yang saya tekuni masuk ke dalam ruang lingkup fakultas Pertanian UNPAD. Kedua tes ini dilaksanakan melalui zoom meeting.

Yth. Para Peserta Seleksi HQT, 

 

Menindaklanjuti informasi sebelumnya terkait dengan proses Micro-Teaching dan wawancara seleksi HQT Program yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Juli 2021, bersama ini kami sampaikan (1) Panduan Peserta dan (2) jadwal wawancara (terlampir). Mohon kiranya bisa mempersiapkan dengan saksama agar pelaksanaan Micro-Teaching dan wawancara bisa berlangsung dengan baik.

 

Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. 

 

 

Salam hormat,


 
Director of Human Resources
Universitas Padjadjaran

Persiapan

Dalam panduan peserta disampaikan bahwa para peserta wajib mempersiapkan materi ajar untuk presentasi selama 15 menit yang boleh disampaikan dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Jadi, saya membuat power point (sekitar 10 halaman) dan berlatih presentasi berkali-kali dalam bahasa Inggris sampai benar-benar lancar. Sedikit tips dari saya, gunakan template power point resmi UNPAD atau minimal cantumkan logo UNPAD di halaman judul power point. Lalu, pastikan kita benar-benar tahu materi yang kita ajarkan itu masuk dalam mata kuliah apa di program studi apa. 

Contoh halaman judul ppt micro-teaching saya

Sedangkan untuk wawancara, saya mempersiapkan beberapa daftar pertanyaan yang mungkin keluar pada saat wawancara seperti: motivasi melamar HQT, kenapa melamar di UNPAD, riwayat organisasi, riwayat mengajar (dalam hal ini, pengalaman saya sebagai asisten dosen), beberapa pertanyaan problem solving dan komitmen, visi misi UNPAD dan Faperta UNPAD. Semua daftar pertanyaan ini saya tulis dalam flip card yang saya baca dengan suara keras secara berulang-ulang sampai saya hafal dan bisa mengucapkannya secara natural.

Flip card daftar pertanyaan wawancara saya

Pelaksanaan

Peserta wajib memasuki zoom meeting 15 menit sebelum jadwal ujian. Nanti secara bergiliran akan dimasukkan ke break out room bersama para wakil pimpinan fakultas masing-masing. 

Setelah acara dibuka, saya dipersilakan untuk melakukan presentasi terlebih dahulu. Jika waktu presentasi tidak cukup, skip bagian penjelasan dan langsung tunjukkan bagian kesimpulan, tugas, dll. Karena tujuan presentasi tidak hanya tentang penguasaan materi dan penguasaan kelas, tetapi juga kemampuan mempersiapkan bahan ajar yang baik. 

Selanjutnya, setiap penguji mengajukan pertanyaan masing-masing kepada saya. Terdapat 3 penguji di dalam ruang, dan rasanya 1 penguji melakukan tanya jawab dengan saya  sekitar 15 menit. Alhamdulillah, semua pertanyaan yang keluar tidak jauh dari materi wawancara yang sudah saya persiapkan.

Jika proses wawancara ini sudah selesai, peserta dapat langsung meninggalkan zoom meeting. 


HASIL  TES PSIKOLOGI, WAWANCARA & MICRO-TEACHING

Hasil seleksi administrasi diumumkan langsung melalui email kepada para pelamar yang dinyatakan lolos secara administrasi. Berikut adalah email pengumumannya:  

Kepada Yth:

Nama Saya

di Tempat


Menindaklanjuti hasil Tes Psikologi, Micro-Teaching dan Wawancara bagi para pelamar High Quality Talent Universitas Padjadjaran, bersama ini kami sampaikan bahwa Saudara dinyatakan TIDAK LOLOS ke tahap Wawancara Akhir.

Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas minat Saudara untuk bergabung dengan Universitas Padjadjaran dan kerjasamanya yang baik selama proses seleksi program HQT ini. Semoga kita bisa bekerjasama pada kesempatan lain di masa yang akan datang.

Atas perhatian dan kerjasamanya yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Direktur Sumber Daya Manusia,


Nama Direktur 

Karena saya tidak lolos, jadi saya tidak melanjutkan ke tahap wawancara akhir yaitu wawancara tingkat pimpinan UNPAD. Well, I did my best. Otsukaresamadeshita! Bye bye UNPAD!! Semoga diberikan kesempatan lain untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas UNPAD menuju peringkat 500 dunia. 

Jadi, cerita saya tentang pengalaman mengikuti seleksi HQT di UNPAD cukup sampai di sini saja. Semoga bisa memberikan gambaran bagi teman-teman yang akan mencoba peruntungan di HQT UNPAD tahun berikutnya. Informasi lebih lengkap tentang persiapan Job Hunting dapat mengunjungi artikel Step by Step Job Hunting di Indonesia dan Jenis-jenis Psikotes dalam Rekrutmen Kerja. 


Nb: Proses rekrutmen tahun 2021 ini bertepatan dengan lonjakan infeksi Covid-19 strain Delta, sehingga semua proses dilaksanakan secara online melalui zoom meeting.

Share
Tweet
Pin
Share
No comments

Awalnya saya mendapat DM banyak sekali dari para senior baik yang sudah bekerja di LIPI maupun dari anggota keluarganya yang bekerja disana tentang info perekrutan besar-besaran CPNS BRIN. Kata mereka 'barangkali kamu berminat, bisa dicoba'. Memang nggak ada yang salah sih dicoba saja selagi ada kesempatan, barangkali rezekinya di situ. Dan satu lagi, lebih menyesal nggak mencoba sama sekali daripada mencoba tapi gagal (my principle).

Tidak berselang lama, senior saya yang lain memberitahu kalau BRIN juga mengadakan sosialisasi perekrutan melalui zoom dan streaming Youtube. Pada sosialisasi ini dijelaskan secara detail syarat-syaratnya dan bagaimana mengunggah syarat yang cukup banyak tersebut ke akun sscasn.

BRIN sendiri saat ini adalah satu-satunya badan penelitian nasional (Perpres No 33 Tahun 2021) yang menggabungkan beberapa institusi, yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). 

Sumber: https://casn.brin.go.id/

Sebagai informasi, Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) pada tahun 2021 ini membuka 325 formasi yang terdiri dari 221 formasi CPNS dan 104 formasi CPPPK. Formasi untuk BRIN ini tidak dibatasi oleh bidang tertentu. Artinya, selama pelamar memiliki ijazah S3 sesuai jurusan dan memenuhi HKM yang disyaratkan BRIN, diperbolehkan untuk melamar. Jadi, kita tidak bersaing dengan pelamar dengan bidang yang sama saja (misalnya untuk kasus saya, Pertanian), tetapi 221 formasi itu boleh diisi siapa saja asal lulus proses seleksi. Bisa jadi nanti banyak yang melamar pertanian dan lolos semua. 

Oh ya, ada tiga jalur masuk, yaitu jalur umum (81 orang), lulusan terbaik (20 orang) dan diaspora (120 orang). Kalau sudah bekerja di luar negeri 2 tahun atau lebih sih lebih enak masuk lewat jalur diaspora, karena kuotanya sangat banyak. Oh ya sekadar catatan, semua lulusan S3 itu pasti IPK-nya diatas 3.50 yang berarti juga nyaris semua adalah cumlaude atau lulusan terbaik. Walaupun begitu, tetap bisa kok masuk lewat jalur umum. 

Lantas dimanakah letak perbedaannya? Kuota dan batas passing grade SKDnya berbeda. Lebih baik yang mana? Ini kembali ke strategi masing-masing individu. Kalau saya lebih memilih jalur umum saja (setelah berdiskusi dengan para senpai yang sudah bekerja di BRIN) dengan pertimbangan jumlah formasinya lebih banyak, sehingga peluang lolos SKD melanjutkan ke SKBnya juga lebih besar. Tentu dengan konsekuensi harus belajar ekstra untuk mencapai skor tertinggi sekaligus lolos dari standar passing grade pada TWK, TIU dan TKP. Bagaimana kalau saya lemah di hafalan seperti TWK? Kalau begini, mending lewat jalur cumlaude. Tapi siap resiko juga kalau peluang diambil ke SKB lebih sedikit, karena memang kuota yang disediakan jauh lebih sedikit dari umum.

Panduan pendaftaran CASN dapat didowload pada link berikut: Link panduan CASN. Materi dari webinar seleksi CASN BRIN juga dapat didownload pada link berikut: Jabatan Fungsional Peneliti & Tata Cara dan Prosedur Penerimaan CASN


Seleksi Administrasi

Proses seleksi administrasi ini dimulai dari membuat akun di portal sscasn.bkn.go.id, kemudian dilanjutkan dengan mengupload semua berkas yang diminta. Prosesnya saya uraikan dibawah:

1. Membuat Akun di Portal BKN Online

Buat akun di sscasn.bkn.go.id dengan mengisikan no KTP dan KK, nama lengkap, tempat tanggal lahir, no HP dan alamat email yang aktif. Jangan lupa untuk mengupload scan KTP dan swafoto untuk verifikasi. Kita juga perlu membuat password yang akan kita gunakan setiap kali log in portal sscasn.

2. Mengunggah dan mensubmit dokumen

Pada prosedur ini kita terlebih dahulu log in ke akun sscasn.bkn.go.id. Selanjutnya kita akan diminta mengisikan gelar depan/belakang ijazah, alamat email, alamat KTP, jenis kelamin, jenis disabilitas (disertakan bukti video untuk pelamar jalur disabilitas), alamat domisili dan informasi pribadi lainnya.  

Di halaman selanjutnya, kita akan diminta untuk memilih jenis seleksi, yaitu CPNS, PPPK Guru atau PPPK (non guru). 

Setelah itu kita baru bisa memilih instansi dan jenis informasi yang kita inginkan. Selanjutnya, kita diminta mengisi pendidikan, jabatan, lokasi formasi, lokasi test, no ijazah, tahun lulus, nama universitas dan tanggal ijazah. Sebagai catatan untuk lulusan luar negeri, akreditasi universitas dituliskan A dan IPK yang digunakan adalah IPKsetelah dikonversi dan tercantum di surat keterangan penyetaraan ijazah.

Di halaman berikutnya barulah kita diminta untuk mengunggah berkas-berkas yang diminta dengan ukuran file tidak boleh melebihi 2 MB. Berikut adalah daftar dokumen yang perlu diunggah untuk formasi Ahli Muda - Peneliti BRIN: 

  • Surat lamaran yang ditujukan kepada Kepala BRIN di Jakarta yang ditandatangani di atas materai Rp 10.000 (format disediakan BRIN)
  • Scan e-KTP
  • Surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp 10.000 (format disediakan BRIN)
  • Bukti Akreditasi PTN/Program Studi oleh BAN-PT (untuk lulusan LN, cukup tulis akreditasi A, lalu upload surat penyetaraan ijazah)
  • SK penetapan kegiatan dan/atau pendanaan dari penyandang dana/bukti yang akan diklarifikasi asesor (Saya upload surat keterangan memperolah beasiswa MEXT yang saya minta dari International Student Office di kampus S3 saya)
  • Sertifikat/LoA dari penyelenggaraan konferensi/bukti lain yang akan diklarifikasi oleh verifikator (Karna system seminar di Jepang tidak pakai LoA ataupun sertifikat, jadi saya upload handbook konferensi yang memuat jadwal saya presentasi dan abstrak yang saya presentasikan).
  • Nomor DOI dan naskah KTI yang diterbitkan lengkap (saya upload semua publikasi saya di googledrive di setting terbuka, kemudian saya buat list publikasi saya di word lengkap beserta link dan DOI-nya)
  • (a) Nomor dan KTI yang diterbitkan (b) Status Akreditasi jurnal (c) Buku/Bagian dari buku ilmiah nasional yang terdaftar du IKAPI/APPTI (d) surat pendaftaran paten dari DJKI dan deskripsi paten yang diajukan (saya upload semua publikasi saya di googledrive di setting terbuka, kemudian saya buat list publikasi saya di word lengkap beserta link dan DOI-nya)
  • Ijazah asli (Saya upload ijazah versi bahasa Inggris, disertai dengan surat penyetaraan Ijazah)
  • Transkrip nilai (Saya upload transkrip versi bahasa Inggris, disertai dengan surat penyetaraan Ijazah)
  • Pas foto terbaru berlatar belakang merah

Halaman terakhir adalah resume pendaftaran, yang berisi informasi yang kita masukkan sebelumnya untuk diklarifikasi dengan memberikan check list. Setelah anda merasa yakin, klik cheklist pernyataan dan akhiri pendaftaran. 


Resume Pendaftaran CPNS

3. Pengumuman Verifikasi Berkas

Proses verifikasi berlangsung sekitar 30 hari setelah hari terakhir pendaftaran. Hasil verifikasi berkas diumumkan di website casn.brin.go.id dan juga di portal sscasn.bkn.go.id. Info selengkapnya silakan merujuk pada Link panduan CASN


Hasil Administrasi di website sscasn

 

     TIPS: Persiapkan semua file sesuai format kurang dari 2 MB sebelum melakukan pendaftaran.      


Seleksi Kompetensi Dasar

Apa itu Seleksi Kompetensi Dasar?

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilakukan secara CAT atau Computer Assisted Test. Soal SKD dibuat oleh panselnas yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes  Karakteristik Pribadi (TKP). Pada SKD CPNS 2022, terdapat 110 soal (35 TWK, 35 TIU dan 40 TKP) dengan waktu pengerjaan 100 menit. Setiap tahun kisi-kisi materinya bisa berubah mengikuti keputusan yang biasanya akan diumumkan beberapa minggu sebelum jadwal SKD.

Strategi Mengerjakan SKD

Mungkin akan banyak yang bertanya, bagaimana strategi mengerjakan SKD? Setiap orang pasti strategi-nya berbeda-beda tergantung dari kemampuan dan jalur mana yang dipilih, karena setiap jalur yang dipilih memiliki passing grade (nilai ambang batas) yang berbeda. Silakan cek gambar dibawah.

 

https://yogyakarta.bkn.go.id/

Untuk selain jalur umum, menurut saya kerjakan TIU dulu untuk mengejar skor minimal di TIU lalu kerjakan TWK dan TKP berdasarkan yang paling mudah dahulu untuk mendapatkan nilai total yang tinggi.

Untuk yang jalur umum, kalau saya pribadi memilih untuk mengerjakan TWK terlebih dahulu karena ini adalah point kritis. Selain soalnya pakai logika dan bacaan panjang, mengerjakan TWK di awal menguntungkan saya dengan kondisi otak yang masih fresh dan menghindari otak nge-blank karena nervous dikejar waktu. Selanjutnya adalah soal-soal mudah di TIU sekitar 70% saya selesaikan, lalu beralih ke TKP. Dengan demikian jika kemungkinan terburuknya saya kehabisan waktu, saya sudah memenuhi poin minimal lulus passing grade. Jika waktu saya mengerjakan TKP tersisa, baru saya mengerjakan jenis TIU yang sulit seperti soal cerita untuk menambah poin.

Tapi ini sekali lagi versi saya yang tau kelemahan saya di bacaan panjang dan kelebihan saya di matematika. Meskipun waktu mepet, kondisi saya nervous mengejar waktu tersisa, saya masih bisa konsentrasi mengerjakan TIU. Tapi, kalau di waktu yang mepet dan nervous, saya kesulitan memahami bacaan panjang seperti pada bahasa Indonesia.

Jadi kunci utamanya adalah sering-sering latihan untuk mengetahui dimana kelebihan dan kekurangan kita lalu coba-coba melakukan strategi yang berbeda pada setiap latihan dan lihat dengan strategi mana kita bisa memperoleh hasil maksimal. Good luck!!

Pengumuman Hasil SKD

Proses ujian CAT dapat dipantau secara online di akun resmi Youtube BKN tempat ujian masing-masing (Misalnya, saya ujian di BKN 1 Yogyakarta. Progress skor pengerjaan SKD saya dapat dipantau dari live stream di Youtube BKN Kanreg 1 Yogyakarta). Pergerakan nilai dari awal pengerjaan hingga selesai disiarkan secara langsung. Nilai akhir SKD adalah saat tulisan SELESAI tertera dibelakang nama peserta.

Sedangkan bagi peserta ujian sendiri, hasil ujian dapat diketahui segera setelah menekan tombol SELESAI atau akan muncul secara otomatis apabila waktu pengerjaan telah habis. Jadi, kita bisa tahu secara langsung apakah skor kita memenuhi passing grade yang ditetapkan atau tidak. Fair kan ya? Tapi agak tegang juga saat nilai tiba-tiba muncul di layar PC ujian.

Tapi, lolos passing grade saja tidak menjamin kita bisa melanjutkan ke tahap SKB. Karena hanya 3 kali jumlah kuota yang diminta yang berpeluang melanjutkan ke SKB. Contohnya, formasi yang diminta ada 5 orang. Maka yang berpeluang lolos ke SKB hanya ranking 15 besar saja. Sisanya tidak akan melanjutkan ke SKB meskipun nilainya melebihi passing grade.

Pengumuman perankingan ini akan dikeluarkan diwebsite instansi masing-masing dan informasi kelulusan akan ditampilkan di akun portal sscasn.bkn.go.id.


Hasil SKD di laman sscasn.bkn.go.id


Seleksi Kompetensi Bidang

1. CAT (50%)

Ujian CAT dilaksanakan di BKN sesuai pilihan peserta. Terdapat 100 soal yang harus dikerjakan selama 90 menit. Soalnya beberapa berbentuk bacaan yang cukup panjang, jadi jangan lupa untuk belajar membaca cepat. Materi SKB Penelitian untuk jabatan fungsional Ahli Peneliti Muda (PERMENPANRB No 34 Tahun 2018) adalah sebagai berikut:

  • Etika peneliti dan penelitian: Butir-butir kode etika peneliti; tiga pilar etika
  • Jurnal Ilmiah: Pengenalan jurnal ilmiah dan e-journal, prosedur dan praktek submit naskah; praktek penggunaan aplikasi manajemen referensi
  • Kekayaan Intelektual (ppt): Konsep dasar kekayaan intelektual (KI) dan system perlindungan KI; Kekayaan intelektual, inovasi, dan kegiatan litbang; aspek-aspek terkait KI
  • Pengorganisasian/pengelolaan penelitian: Manajemen penelitian; implementasi manajemen penelitian
  • Landasan penelitian: Filosofi dan paradigma kegiatan penelitian; Pendekatan dan metode penelitian (penelitian kuantitatif, kualitatif, dan mixed method); Invention, innovation, discovery (menuju ke novelty); Implementasi pendekatan dan metode penelitian
  • Proposal dan rancangan penelitian/rencana operasional sesuai kaidah ilmiah: Konsep proposal penelitian; Kriteria dan formulasi proposal penelitian; Strategi dan teknik penulisan proposal penelitian; Berpikir kritis; Teknik perumusan masalah/ pertanyaan penelitian; Metodologi penelitian; Pengelolaan penelitian
  • Pengumpulan dan penelusuran data penelitian berdasarkan kaidah ilmiah; Data dan sumber data; Penelusuran informasi ilmiah; Metode pengumpulan data; Instrumen penelitian
  • Analisis data dan interpretasi hasil penelitian: Konsep dasar pengolahan data; Metode pengolahan dan análisis data; Penyajian dan interpretasi hasil penelitian; Penarikan kesimpulan
  • Teknik penulisan ilmiah hasil penelitian untuk publikasi di jurnal ilmiah: Konsep penulisan ilmiah; Substansi, jenis, dan bentuk penerbitan untuk tulisan ilmiah; etika publikasi ilmiah; strategi publikasi di jurnal ilmiah.

Link yang tercantum diatas adalah hasil studi pustaka untuk materi belajar SKB berdasarkan kisi-kisi PERMENPANRB No 34 Tahun 2018 secara mandiri, bukan materi baku dari BRIN. Selanjutnya, beberapa latihan soal dan pembahasan juga tersedia dalam video yang dapat diakses melalui akun YouTube Gubuk Sains. 


2. Psikotes (20%)

Psikotest dilaksanakan secara online melalui website yang akan ditentukan panitia. Untuk mengikuti psikotest ini kita memerlukan dua perangkat elektronik untuk mengikuti zoom, yaitu PC untuk kamera 1 yang nanti akan kita pergunakan untuk mengerjakan test dan HP atau Tablet untuk kamera 2 yang nanti akan dimasukkan ke dalam ruang pengawas. Ujian berlangsung sekitar 60 menit. Baca juga artikel tentang Jenis-jenis Psikotes dalam Rekrutmen Kerja.


3. Presentasi HKM dan Wawancara (30%)

Rangkaian terakhir dari tes SKB adalah wawancara dan presentasi HKM. Format presentasi HKM sendiri diupload di casn.brin.go.id dan kita tinggal menyesuaikan isiannya sesuai hasil kerja yang kita ajukan sewaktu seleksi berkas kemarin. 

Seleksi berlangsung selama 75 menit yang terdiri dari 15 menit presentasi HKM dan 60 menit sisanya untuk tanya jawab. Tanya jawab lebih banyak mengenai kompetensi yang sudah kita miliki. Karena tidak memilih penempatan saat awal pendaftaran, maka saat wawancara harus sudah menentukan mau masuk di Organisasi Riset mana sebagai bahan pertimbangan.



Pengumuman Hasil Integrasi SKD & SKB 

Hal yang ditunggu-tunggu setelah proses yang panjang dan melelahkan adalah pengumuman hasil integrasi SKD dan SKB. Pengumumannya diupload di website casn.brin.go.id dan juga sscasn.bkn.go.id. dan alhamdulillah kali ini saya lolos :)). It was really hard and long journey. Otsukaresamadeshita!


Pengumuman di casn.brin.go.id
Pengumuman di sscasn.bkn.go.id

Demikian cerita proses perjuangan saya mengikuti rekrutmen CPNS 2021, sekarang dinamakan CASN, dari proses aplikasi berkas, tes SKD, tes SKB dan akhirnya pengumuman. Jika ada waktu luang dan proses pemberkasan sudah selesai, Insya Alloh  akan saya tambahkan informasinya di group ini. 

Share
Tweet
Pin
Share
No comments

 Mau sedikit mengulas tentang hal-hal yang saya lakukan di Indonesia segera setelah kembali dari Jepang, yaitu Job Hunting. Terdengar seperti horor ya? Memang job hunting itu penuh liku tetapi mau nggak mau harus dilalui jika ingin bekerja secara professional di perusahaan atau pemerintahan. 

Mungkin kalau pernah nonton film "I Fell in Love Like A Flower Bucket" disitu menyebutkan bahwa "Untuk masuk ke komunitas sosial itu memang luar biasa susah. Tetapi setelah berada di dalamnya, kita akan bersyukur kalau dulu berusaha masuk menjadi bagian komunitas sosial tersebut". FYI, di Jepang orang-orang yang bekerja dengan posisi permanen (full-time job) disebut dengan Shakaijin (社会人) yang secara harfiah berarti orang-orang pembentuk struktur sosial. 

Sehoror itu kah? Hehe.. Tenang saja, badai pasti berlalu kok.. Yang perlu kita pikirkan hanya "Bagaimana cara masuk ke dalam komunitas sosial tersebut?"

Lain halnya dengan sistem job hunting di Jepang yang sudah dilakukan di tahun terakhir selama menjadi mahasiswa, secara garis besar job hunting di Indonesia baru bisa dilakukan apabila kita sudah lulus dan sudah memegang ijazah ditangan. Di sini, saya akan mencoba mengulas apa saja yang saya lakukan selama proses job hunting tersebut.


Daftar Isi

  1. Penyetaraan Ijazah LN
  2. Melakukan Self Analysis
  3. Mencari Info Lowongan Kerja
  4. Melakukan Analisis Jenis Pekerjaan dan Perusahaan
  5. Membuat CV/Resume 
  6. Membuat Surat Lamaran
  7. Menyiapkan Dokumen Pendukung
  8. Mengirim Lamaran Melalui Email yang Sopan
  9. Panggilan Mengikuti Tes & Wawancara
  10. Tes Kompetensi Dasar & Psikotest
  11. Wawancara
  12. Menghadapi Penolakan
  13. Panggilan dan Penandatanganan Kontrak Kerja

1. Penyetaraan Ijazah Luar Negeri


Bagi para lulusan luar negeri, ijazah yang diterbitkan oleh universitas luar negeri baru bisa diakui di Indonesia apabila sudah disetarakan ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Prosesnya penyetaraan bisa dilakukan secara online melalui laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/. 

Bagi lulusan dalam negeri, pastikan keabsahan ijazah melalui portal Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik yang juga dikelola oleh Kemdikbud. Cukup dengan memasukkan nama perguruan tinggi tempat kita menempuh studi dan nomor ijazah, kita dapat mengetahui keabsahan ijazah kita.


2. Melakukan Self Analysis


Analisis diri (Self Analysis) sangat jarang sekali dibahas dalam bursa pencarian kerja di Indonesia. Tapi menurut saya, ini merupakan bagian penting yang sebaiknya tidak dilewatkan.

Self Analysis dilakukan untuk mengetahui lebih dalam siapa diri kita, apa kelebihan yang kita miliki dan apa nilai yang kita jadikan sebagai standar hidup kita yang nantinya perlu kita sampaikan kepada pencari kerja baik dalam surat lamaran maupun saat wawancara.

Sebaiknya, luangkan waktu untuk melakukan self-analysis ini secara totalitas. Waktu yang dibutuhkan setiap individu bisa bervariasi, tapi saya menghabiskan waktu sekitar 2-3 minggu. Kemudian, saya melakukan penyesuaian beberapa kali selama proses pencarian kerja.


Mengapa perlu melakukan self-analysis saat mencari pekerjaan?

a. Agar bisa melakukan pencarian kerja secara efektif dan efisien

Ada banyak jumlah perusahaan/instansi yang menawarkan pekerjaan. Demikian juga, ada banyak jumlah pelamar kerja yang menginginkan pekerjaan di waktu bersamaan. Daripada kita mempelajari semua jenis perusahaan yang ada, lebih baik jika kita berfokus pada perusahaan/instansi yang sesuai dengan kriteria saja. Dengan demikian, kita bisa meningkatkan peluang diterima di perusahaan tertentu yang kita pilih sekaligus menghindari persaingan sesama pencari kerja yang tidak diperlukan di banyak tempat.

b. Self-analysis sangat berguna untuk persiapan wawancara kerja

Beberapa pertanyaan yang sering muncul pada wawancara biasanya terkait alasan kita mau bergabung di perusahaan tersebut, apa yang bisa kita berikan pada perusahaan, dll. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita butuh alasan logis yang didukung dengan pengalaman dan latar belakang kita. Dengan self-analysis, kita bisa menyusun jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan baik sehingga menjadi salah satu upaya yang efektif untuk memenangkan wawancara kerja.

Pewawancara juga sering menggunakan pengalaman masa lalu kita dalam menghadapi hal-hal tertentu (seperti masa terburuk kita, peranan yang pernah kita berikan selama berorganisasi, dan upaya yang kita lakukan untuk bisa mencapai posisi saat ini) untuk memprediksi respon kita di masa mendatang bila mengalami masalah serupa. Dalam hal ini, kita perlu menyampaikan upaya apa yang pernah kita lakukan ketika berada dalam posisi tersebut untuk meyakinkan pewawancara bahwa kita adalah orang yang solutif ketika menghadapi masalah.

c. Menghindari ketidakcocokan dengan perusahaan/instansi/posisi yang kita lamar

Sering terjadi kita melamar kerja asal memasukkan surat lamaran saja tanpa memperhatikan kecocokan posisi dari perusahaan yang kita lamar, lalu menggantungkan pada keberuntungan kita dengan berkali-kali mencoba di banyak tempat. Memang benar kita perlu mencoba berbagai peluang yang ada. Namun jika kita tidak memperhatikan kesesuaian kita terhadap posisi yang dilamar, dan kita diterima di posisi tersebut, suatu saat bisa menjadi bumerang ketika kita mengalami kesulitan atau kebosanan.


Bagaimana cara melakukan self-analysis?

Dasar utama dari self-analysis adalah dengan berfokus pada dua periode: yang pernah terjadi di masa lalu hingga saat ini dan apa yang ingin dilakukan mulai saat ini hingga mendatang.

a. Seperti apa aku di masa lalu?

Cari tahu siapa kita di masa lalu dengan membuat riwayat masa lalu kita. Dengan melihat ke belakang dan menuliskan apa yang pernah terjadi di masa lalu, kita dapat menyimpulkan nilai yang kita junjung dalam hidup kita. 

Dengan contoh tabel dibawah, kita bisa membuat daftar "kelebihan", "kekurangan", "hal yang berdampak besar pada diri kita" di setiap fase usia atau tingkatan sekolah. Buatlah minimal 3-5 daftar pada masing-masing fase usia.

Ingatlah kembali di masa lampau, hal-hal apa yang berdampak besar pada diri kita. Masa lalu kita dapat menjadi sumber penting tentang kepribadian dan karakter kita.


Di wawancara nanti, sangat penting bagi kita untuk tidak terpaku hanya pada peristiwa yang berdampak besar pada diri kita, melainkan juga dapat menjelaskan apa pendapat kita tentang peristiwa tersebut, bagaimana kita merespon, dan apa yang dapat kita pelajari dari peristiwa tersebut. 

b. Ingin menjadi seperti apa aku di masa depan?

Membuat tabel perencanaan masa depan akan memudahkan kita mengklarifikasi tujuan dan aspirasi masa depan. Tabel rencana jangka panjang harus disusun secara kronologis tentang bagaimana kita ingin sukses di tempat kita bekerja dan bagaimana rencana hidup kita setelah lulus kuliah.

Pada contoh tabel di bawah ini, kita dapat menuliskan rencana hidup, tujuan karir dalam setiap rentang waktu tertentu. Jangan khawatir apabila rencana tersebut dapat tercapai atau tidak. Kita hanya perlu fokus secara garis besar kemana arah hidup kita ke depan. 


Dengan membuat rencana jangka panjang, kita tahu dengan jelas apa yang ingin kita capai. Sehingga kita dapat menjawab pertanyaan dengan baik ketika pewawancara menanyakan hal ini.


3. Mencari Info Lowongan Pekerjaan


Setelah kita tahu apa kira-kira pekerjaan seperti apa yang kita inginkan, kita bisa mulai mengumpulkan informasi lowongan pekerjaan yang kita butuhkan. Informasi ini dapat kita peroleh melalui beberapa cara, yaitu: 

a. Situs Pencarian Kerja Online

Beberapa situs online penyedia informasi lowongan pekerjaan antara lain Jobstreet, Glints, Jobsdb, dll. Saya sendiri hanya pernah menggunakan fasilitas Jobstreet saat lulus S1 karena sistem Job Fair di kampus IPB yang bekerja sama dengan Jobstreet. Jobstreet dan situs pencarian kerja lainnya menyediakan informasi lowongan pekerjaan yang bisa kita filter berdasarkan kualifikasi pendidikan kita, tentu saja ini sangat memudahkan pelamar maupun rekruiter sendiri. 

Namun sayangnya bagi saya seorang perempuan fresh graduate yang memiliki latar belakang pertanian, sangat sulit mencari informasi pekerjaan yang sesuai melalui situs tersebut. Rata-rata pekerjaan di bidang pertanian yang diminta adalah asisten kebun di perusahaan kelapa sawit dengan pengalaman sekian tahun dan berjenis kelamin laki-laki. Saya tidak tahu apakah saat ini sudah ada improvement atau belum, yang jelas saya tidak menggunakan situs pencarian kerja lagi saat saya lulus S2 dan S3.

b. Sosial Media Online

Sosial media yang secara profesional digunakan untuk mencari kerja adalah Linkedin. Untuk itu, sangat penting membuat akun Linkedin dengan informasi yang menarik dan mengupgrade CV secara berkala. Beberapa informasi juga dapat diperoleh di official facebook atau instagram account dari instansi bersangkutan yang melakukan rekruitmen. Khusus bagi anda yang memiliki latar belakang riset dan tertarik pada dunia sains (dosen atau peneliti), info lowongan kerja bisa diperoleh melalui Research Gate.

c. Job Fair

Job Fair adalah event yang diselenggarakan di kota-kota besar guna mempertemukan perusahaan dengan para pencari kerja. Biasanya setiap perusahaan akan membuka booth dan menyediakan box lamaran bagi pencari kerja yang berminat pada perusahaan mereka. Para pencari kerja juga dapat berdiskusi langsung dengan HRD dari berbagai perusahaan terkait informasi perusahaan maupun jenis pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Walk in interview juga banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan, sehingga bila kita merasa cocok bisa langsung diwawancara saat itu juga. 

Biasanya dalam acara job fair juga akan diselenggarakan seminar pengembangan diri, seperti kiat-kiat menulis surat lamaran yang baik, bagaimana menghadapi wawancara tingkat user dan pimpinan, dll yang disampaikan oleh pembicara yang kompeten baik itu psikolog maupun HRD dari sebuah perusahaan.

d. Career Development Alumni (CDA)

Setiap Universitas biasanya juga memiliki Career Development Alumni (CDA) yang menjadi perantara bagi mahasiswa dan rekruiter dalam proses pencarian kerja. Keuntungan mengikuti CDA adalah kita bisa mengikuti rekruitment yang diselenggarakan di tingkat internal kampus.

e. Relasi (Kenalan, Teman, Saudara, Dosen, dll)

Jangan meremehkan silaturahmi! Setidaknya ini yang saya alami. Banyak informasi terkait lowongan dosen dan peneliti yang saya peroleh dari relasi saya.


4. Melakukan Analisis Jenis Pekerjaan, Industri dan Perusahaan


Mengapa perlu melakukan analisis sedetail ini? Agar kita tahu apakah kemampuan, skill dan latar belakang pendidikan kita sesuai atau tidak dengan posisi yang akan kita lamar. Dan dengan mengetahui skala perusahaan, kita dapat memperkirakan tingkat kompetisi pelamar dan iklim kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut. Kan nggak lucu jika kita melamar di perusahaan multinasional, tapi persiapan kita hanya seadanya saja.

a. Jenis Pekerjaan

Jenis pekerjaan ini terkait dengan posisi yang akan dilamar. Keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan pelamar akan sangat bervariasi tergantung dari jenis pekerjaan yang akan dilamar. Jadi, kita perlu menyesuaikan jenis pekerjaan atau meningkatkan kemampuan sesuai dengan skill yang diminta.

Contohnya, bagian pelayanan dan administrasi yang akan berhubungan dengan seluruh pekerja termasuk para eksekutif. Tugas mereka adalah mendukung pengambilan keputusan penting bagi perusahaan, seperti mengembangkan kerangka kerja dan rekrutmen perusahaan, untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan memperbaiki lingkungan tempat kerja. Tentunya pelamar posisi ini diharapkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, terorganisasi, teliti, cekatan, dll.

Contoh lain adalah bagian perencanaan yang tugasnya adalah membuat perencanaan dan pengembangan produk baru, serta menyusun strategi penjualan. Pelamar yang ingin bekerja di posisi ini perlu memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, mengelompokkan dan menganalisis informasi untuk mendapatkan tren yang diminati konsumen. Kandidat yang dicari juga diharapkan mampu bekerja secara tuntas untuk mewujudkan dan dapat mengkomunikasikan idenya. 

b. Jenis Industri

Jenis industri merujuk pada klasifikasi dimana industri bergerak seperti manufaktur, perdagangan, jasa, distribusi dan retail, dll. Setelah ketertarikan pada jenis industri ini jelas, akan lebih mudah bagi kita untuk menentukan jenis perusahaan yang kita inginkan untuk bekerja. Identifikasi jenis industri akan memudahkan kita mengetahui apa motivasi kita melamar pekerjaan. 

Contohnya, sama-sama ingin menjadi sales tentu akan berbeda pengetahuan yang dibutuhkan ketika menjadi sales di industri pertanian dan industri elektronik. Sama-sama di bagian riset dan pengembangan produk, tentunya kualifikasi yang diminta juga akan berbeda antara industri peternakan dan perikanan.

c. Jenis Perusahaan

Setelah memutuskan diindustri yang diinginkan untuk berkarir, selanjutnya kita bisa melakukan research tentang berbagai jenis perusahaan. Ada dua jenis perspektif yang perlu dipelajari, yaitu: manajemen perusahaan dan lingkungan kerja. Manajemen perusahaan ini meliputi manajemen dan filosofi perusahaan, strategi bisnis dan sumber daya. Sedangkan lingkungan kerja meliputi organisasi dan sumberdaya manusia, pekerjaan, evaluasi dan penghargaan. 

Kemudian, ukuran perusahaan juga perlu dipertimbangkan. Perusahaan besar cenderung memiliki program pelatihan dan kesejahteraan karyawan yang lebih baik, serta memiliki kesempatan untuk terlibat dalam proyek skala besar. Perusahaan skala kecil atau menengah memberi kesempatan karyawan untuk mendapatkan tugas penting sejak jenjang karir awal, cakupan pekerjaan lebih luas dan lebih berorientasi pada hasil. Hal lain yang perlu diperhatikan untuk perusahaan skala kecil atau menengah adalah prospek pertumbuhan perusahaan di masa yang akan datang. 


5. Membuat CV/Resume


Sampai di tahap ini, kita sudah mempunyai bekal informasi yang cukup tentang siapa kita (dengan kelebihan dan kekurangannya) dan pekerjaan seperti apa yang kita inginkan (yang spesifikasinya tertulis dalam info lowongan kerja). Selanjutnya, tugas kita adalah mencocokkan kelebihan yang kita miliki dengan keahlian yang disyaratkan oleh perusahaan/instansi yang dibutuhkan oleh instansi yang akan kita lamar. 

Curriculum Vitae (CV) atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan Daftar Riwayat Hidup (DRH), merupakan daftar capaian kita dalam hal pendidikan, pekerjaan, organisasi, prestasi, dll. Jika kita menuliskan semuanya dalam CV, tentu akan sangat banyak (berlembar-lembar) dan kita tidak bisa menonjolkan kelebihan kita di mata recruiter (dalam hal ini HRD). Sedangkan jumlah pelamar itu banyak, tidak hanya kita. Yang tentunya sangat melelahkan bagi HRD untuk membaca semua CV dari setiap pelamar. Untuk itu, kita juga mengenal istilah Resume yang secara harfiah berarti ringkasan. Di sini, kita hanya perlu fokus menuliskan riwayat hidup sesuai dengan kriteria yang diminta instansi. 

Contohnya:

Dibawah ini adalah contoh lowongan pekerjaan dosen 'High Quality Talent Lecture' di Universitas Padjajaran beberapa waktu lalu. Mari kita fokuskan perhatian kita pada bagian requirements nomor 1 sd 5. Disitu disebutkan bahwa pelamar harus:
  1. mempunyai gelar Doktor (S3)
  2. berusia tidak lebih dari 45 tahun
  3. setidaknya memiliki paling sedikit 3 publikasi internasional di jurnal bereputasi dalam 3 tahun terakhir
  4. punya passion dalam dunia penelitian, belajar dan mengajar
  5. memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. 
diambil dari website UNPAD
Dari sini kita sudah bisa menentukan gambaran umum isi resume kita, yaitu: 
  1. Informasi pribadi (nama, tempat/tgl lahir, alamat rumah, email dan no HP)
  2. Riwayat pendidikan (lebih baik fokus pada S1, S2 dan S3 disertai dengan IPK)
  3. Riwayat publikasi dan konferensi internasional
  4. Pengalaman kerja yang terkait dengan kegiatan belajar mengajar (contohnya kegiatan asisten dosen, asisten peneliti, dll)
  5. Skor kemampuan bahasa Inggris (dan bahasa asing lainnya jika ada)

Contoh format CV yang saya gunakan untuk melamar posisi High Quality Talent Lecture dapat di download pada link berikut: CV

Seberapa pentingkah penampilan atau design dari CV/Resume?

Jika posisi yang kita lamar berhubungan dengan pekerja kreatif, seperti desainer, content writer, photographer, desain interior, dll maka penampilan CV dengan design menarik tentu akan menjadi poin tersendiri. Tentu saja design harus memperhatikan ukuran file pada akhirnya, karena file yang terlalu besar akan menyulitkan untuk dibuka.

Sedangkan jika melamar posisi peneliti atau dosen seperti yang saya lakukan, CV/resume cukup dibuat dengan rapi menggunakan Ms Word. Bahkan untuk CPNS, biasanya sudah disediakan format tertentu.


6. Membuat Surat Lamaran


Surat lamaran juga dibuat berdasarkan formula yang hampir mirip dengan Resume. Dari informasi diatas kita tahu requirement yang diminta dan kewajiban apa yang harus kita lakukan jika kita diterima bekerja (cek bagian Obligations). Bedanya kalau di resume kita menunjukkan point-point kelebihan kita, kalau di surat lamaran kita harus bisa menjawab apa yang diminta instansi dengan pengalaman dan kelebihan kita. 

Di bawah ini adalah contoh surat lamaran yang ditujukan untuk posisi High Quality Talent Lecture. 

Contoh Surat Lamaran Kerja


7. Menyiapkan Dokumen Pendukung


Secara umum, dokumen pendukung yang diminta adalah scan KTP dan pas foto. Alangkah baiknya jika sedari awal kita sudah mempersiapkan file dokumen yang dapat dibaca jelas dengan ukuran file sekitar 100 Kb. Dokumen lain yang suka diminta adalah scan ijazah, transkrip dan sertifikat keahlian bahasa. 

Dalam penulisan surat lamaran secara online juga sering menggunakan tandatangan digital. Oleh karena itu, akan lebih membantu jika kita sudah mempersiapkan versi scanned dari tandatangan kita. 


8. Mengirim Lamaran Melalui Email yang Sopan


Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengirim lamaran kerja melalui email adalah menggunakan nama alamat email formal (contoh: nama.anda@yahoo.com, jangan gunakan alamat alay seperti mickey000@yahoo.com ataupun jejakkaki@yahoo.com), perhatikan kelengkapan dokumen (semua persyaratan lebih baik dimasukkan dalam satu folder dan diubah ke bentuk Zip atau Rar untuk dilampirkan di attachment, mengirimkan pada jam kerja HRD yaitu antara jam 08.00-15.00, dan jangan pernah mengirimkan surat lamaran dengan Subject dan Badan Email yang dibiarkan kosong. 

Jika subject email tidak ditentukan dalam informasi lowongan kerja, maka tulislah dengan inti dari isi email. Misalnya, Aplikasi High Quality Talent Lecture, Lamaran HQT UNPAD, dll. 

Badan email harus ditulis dengan kalimat yang membuat HRD tertarik membaca/membuka kelengkapan dokumen yang kita lampirkan. Dibawah ini adalah contoh cover letter yang saya tulis di badan email saat mengirimkan lamaran pekerjaan ke High Quality Talent Lecture UNPAD. 

Yth. Direktorat Sumber Daya Manusia

Universitas Padjajaran

 

Dear Sir/Madam,

I am interested in applying for the position of High Quality Talent Lecturer at Universitas Padjajaran, advertised on your website. After reading the job description and requirements and matching it with my own experiences, I know that I would be a valuable asset to your university.

I recently graduated with a Doctoral degree in Agricultural University. I want to apply for a lecturer position in Universitas Padjajaran. As a scientist, I can design innovative and impactful research to solve agricultural problems as well as aim to publish in reputable peer-reviewed journals.

I have attached an application letter, curriculum vitae, and certificates for your consideration. Please take a moment to go through them to get a better picture of who I am.

It would give me great pleasure to hear back from you regarding my application. 




Sincerely,


Nama Anda, PhD

Jalan Menuju Surga No 1 Rt 02/Rw 20 Kabupaten Andara 98764
Phone : +62 81300000000
E-mail: nama.anda@gmail.com


9. Panggilan Mengikuti Tes & Wawancara


Setelah mengirimkan beberapa lamaran pekerjaan, tentunya ada beberapa perusahaan yang memanggil kita untuk mengikuti tes lanjutan dan wawancara. Sampai tahap ini, congratulations! Artinya, kompetensi yang kita miliki ini sudah sesuai dengan apa yang dicari oleh HRD. Dan tentu saja, kita sudah berhasil membuat surat lamaran dan CV yang membuat penasaran HRD. Ini sudah one step closer, jadi patut diapresiasi. 

Berikut contoh surat panggilan mengikuti tes dan wawancara kerja:

Dear Sir/ Madam

 

Thank you for applying for the Universitas Padjadjaran High-Quality Talent Program. We received applications from many qualified individuals for the position opening. 

 

After reviewing your application, we are pleased to announce that you have been selected to proceed to the next selection phase, namely:  

(1) Psychological test (4th week of June), and (2) interview and micro-teaching assessment (1st week of July). 


Detailed schedule will be e-mailed to you shortly. 

 

Congratulations! Thank you again for your interest in our university. 

 

 

Sincerely,

Nama Direktur HRD, PhD
Director of Human Resources
Universitas Padjadjaran

Mendapatkan panggilan artinya kita diberi kesempatan oleh HRD untuk menunjukkan bahwa kita adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Ini harus kita buktikan melalui serangkaian tes maupun wawancara. Jadi, kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ganbare!!


10. Tes Kompetensi Dasar & Psikotest


Jenis tes yang diberikan oleh perusahaan/instansi sangat bervariasi tergantung posisi apa yang dilamar dan di bidang apa instansi tersebut bergerak. Contohnya, saya hanya mengikuti psikotes saja untuk rekrutment dari PT Salim Ivomas, Wardah, Great Giant Pineapple, Sampoerna Philip Morris, dll. Rekrutment HQT UNPAD juga tidak menggunakan Tes Kompetensi Dasar, melainkan hanya psikotes saja. Sedangkan untuk dosen UGM non-PNS dan seleksi CASN BRIN, melibatkan ujian Tes Kompetensi Dasar. 

Untuk mengetahui jenis-jenis psikotes yang umum diujikan bisa membaca juga artikel Jenis-jenis Psikotes dalam Rekrutmen Kerja.

Tips untuk menjalani ujian ini tidak lain hanyalah persiapkan materi sebaik mungkin. Tidur yang cukup sebelum ujian dan kerjakan soal dengan tenang. Then, good luck!!


11. Wawancara


Bagi sebagian orang, wawancara adalah momok menakutkan. Tapi, wawancara adalah ajang perkenalan bagi kita dan perusahaan yang hanya beberapa menit saja. Jadi, sebenarnya pewawancara pun juga deg-degan, apakah bisa mengambil calon karyawan yang benar-benar sesuai dengan kriteria perusahaan atau tidak. 

Wawancara memang dilakukan secara spontan. Tetapi, bukan berarti kita tidak bisa mempersiapkannya lho.. Karena wawancara dilakukan untuk menggali informasi tentang diri kita (calon karyawan), maka informasi yang ditanyakan biasanya tidak akan jauh dari motivasi bergabung ke perusahaan, kemapuan atau skill yang kita miliki, rencana hidup ke depan, apa yang bisa kita berikan untuk perusahaan, dll. Jika sebelumnya kita sudah melakukan self-analysis, analisis perusahaan dan jenis pekerjaan, tentunya kita bisa menjawab pertanyaan ini.

Contoh pertanyaan wawancara dan cara menjawabnya:

Why do you interested in High Quality Talent Lecturer Position?

I interested to become an educator so that I continue my study on my MS and PhD. I gained my skill on plant physiology, in conducting research and writing paper, because I was involved in research project that require me to publish the scientific manuscript in the peer-reviewed journal. 

After graduated, I want to continue to work as an educator that still allow me to do research and write paper for publication.

High Quality Talent Lecturer aimed to accelerate UNPAD ranks into the World's 500's and provided with special research funding scheme which I am interested to apply. 

In the future, I want to contribute for UNPAD increasing global rank by conducting research that highly impactful to the society and acceptable for global peer-reviewed publications.

Setelah kita tahu jenis-jenis pertanyaan yang biasa ditanyakan, selanjutnya kita bisa membuat formulasi jawaban. Lalu jawaban tersebut kita praktikkan berulang-ulang dalam latihan wawancara, sehingga pada saat wawancara sesungguhnya kita sudah memiliki pola kalimat terstruktur dalam menjawab pertanyaan. 

Daftar pertanyaan wawancara dan jawabannya yang saya buat dalam ring file

Saya sendiri membuat daftar pertanyaan wawancara dalam kertas kecil yang saya satukan dengan ring file. Setiap hari ring file ini saya bawa kemanapun saya pergi dan saya baca berulang kali sampai saya menghafalnya di luar kepala. Ini sungguh sangat membantu, karena ketika saya menjawab pertanyaan wawancara yang sebenarnya, saya bisa mengatakannya dengan natural.



 

12. Menghadapi Penolakan


You've done great job! Hanya saja, mungkin kita bukanlah orang tepat yang dicari oleh perusahaan.   Well, it's okay! Tugas kita  hanyalah berusaha, Tuhan yang menentukan hasilnya. Bisa jadi kalau dipaksakan lolos, kita akan mengalami kesulitan di masa depan. 

Dan yang mengalami penolakan itu bukan hanya kita, tapi orang lain juga. Jadi, mari kita coba lagi sampai kita menemukan perusahaan/instansi yang cocok. 

Tentu saja sekarang kita nggak memulai dari nol. Tapi kita bisa memulai dari mempelajari hal-hal yang kurang maksimal dari tes maupun wawancara sebelumnya. Misalnya, oh dalam tes kuantitatif kita tidak bisa menyelesaikan soal yang diberikan karena waktunya terlalu sedikit. Jadi kita harus berlatih soal-soal psikotes kuantitatif untuk meningkatkan kecepatan kita. Misalnya juga, dalam wawancara kita menjawab pertanyaan dengan suara bergetar. Berarti kita harus melakukan praktik wawancara berulang-ulang untuk mempersiapkan wawancara berikutnya. 


13. Kontrak Kerja


Setelah mencoba berulang kali, akhirnya tibalah giliranmu. Congratulations! Your hard work has been paid off! 


Ketika surat penerimaan kerja kita dapatkan, artinya perusahaan sudah klik dan kamu adalah orang yang dibutuhkan oleh perusahaan. Setelah itu, perusahaan yang diwakili oleh pihak HRD akan memberikan surat kontrak kerja. Yang perlu kamu lakukan adalah membaca dengan sebaik-baiknya isi kontrak kerja dan meneliti dengan detail apakah yang ditawarkan oleh perusahaan sudah sesuai dengan yang kita harapkan.  


Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan persiapan saya menjalani job hunting di Indonesia pada saat saya lulus S1, S2 dan saat ini saat saya sudah mendapat gelar S3. Beberapa materi adalah hasil self studi kami,  ketika teman saya mengikuti proses job hunting di Jepang dan saya ketika mempersiapkan job hunting di Indonesia. Terimakasih sudah membaca sampai akhir 😇
Share
Tweet
Pin
Share
No comments
Newer Posts
Older Posts

My Friends

  • Puput Dani'e
    Web of Science (WoS) Apply

About me

About Me

I am Izza, a scientist who like writing. I post about my experience as scholarship hunter, job hunter and scientific writer in Satsuma Career.

Total Pageviews

recent posts

Community

1minggu1cerita

Blog Archive

  • March 2022 (1)
  • January 2022 (9)
  • May 2021 (1)
  • January 2017 (2)

Created with by ThemeXpose